BAGAIMANA PROSES BELAJAR ITU BERLANGSUNG?
a. Belajar dan kematangan
Telah dikatakan bahwa kematangan ( maturation )
adalah suatu proses pertumbuhan organ-organ. Suatu organ dalam diri makhluk
hidup dikatakan telah matang, jika ia telah mencapai kesanggupan untuk
menjalankan fungsinya masing-masing. kematangan itu datang waktunya
dengan sendirinya.
Sedangkan belajar lebih membutuhkan kegiatan yang
disadari, suatu aktivitas, latihan-latihan dan konsentrasi dari orang yang
bersangkutan. Proses belajar terjadi karena perangsang-perangsang dari luar.
Sedangkan proses kematangan terjadi dari dalam.
b. Belajar dan penyesuaian Diri
Penyesuaian diri merupakan juga suatu proses yang dapat
merubah tingkah laku manusia. Manusia dalam kehidupannya tiap hari selalu
belajar. Akan tetapi tidak semua belajar adalah penyesuaian diri.
c. Belajar dan pengalaman
Belajar dan pengalaman, keduanya merupakan suatu proses
yang dapat merubah sikap, tingkah laku dan pengetahuan kita. Akan tetapi,
belajar dan memperoleh pengalaman adalah berbeda. Mengalami sesuatu belum tentu
merupakan belajar dalam arti pedagogis : tetapi sebaliknya : tiap-tiap belajar
berarti juga mengalami.
d. Belajar dan bermain
Dalam bermain juga terjadi proses belajar. Persamaannya
ialah bahwa dalam belajar dan bermain keduanya terjadi perubahan, yang dapat
mengubah tingkah laku, sikap dan pengalaman.
Bermain merupakan kegiatan yang khusus bagi anak-anak
meskipun pada orang dewasa terdapat juga. Sedangkan belajar merupakan
kegiatan yang umum, terdapat pada manusia sejak lahir sampai mati.
Belajar itu terletak pada masa depan, dan masa kemudian.
e. Belajar dan pengertian
Belajar mempunyai arti yang lebih luas daripada hanya
mencapai pengertian. Proses belajar yang berlangsung otomatis tanpa
pengertian. Seperti proses belajar yang terjadi pada hewan.
f. Belajar dan menghafal/Mengingat
Menghafal tidak sama dengan belajar. Hafal atau ingat akan
sesuatu belum menjamin bahwa dengan demikian orang sudah belajar dalam arti
yang sebenarnya. Sebab untuk mengingat sesuatu tidak cukup hanya dengan
menghafal saja, tetapi harus dengan pengertian.
g. Belajar dan latihan
Belajar dan latihan keduanya dapat menyebabkan perubahan
atau proses dalam tingkah laku, sikap dan pengetahuan. Akan tetapi antara
keduanya terdapat pula perbedaan. Didalam praktek terdapat pula proses belajar
yang terjadi tanpa latihan.
REFERENSI :
PURWANTO NGALIM. (2004). PSIKOLOGI PENDIDIKAN
BANDUNG : PT REMAJA ROSDAKARYA
0 komentar:
Posting Komentar