Minggu, 06 Januari 2013

BAGAIMANA PROSES BELAJAR ITU BERLANGSUNG?



BAGAIMANA PROSES BELAJAR ITU BERLANGSUNG?
a.       Belajar dan kematangan
Telah dikatakan bahwa kematangan ( maturation )  adalah suatu proses pertumbuhan organ-organ. Suatu organ dalam diri makhluk hidup dikatakan telah matang, jika ia telah mencapai kesanggupan untuk menjalankan fungsinya masing-masing.  kematangan itu datang  waktunya dengan sendirinya.
Sedangkan belajar lebih membutuhkan kegiatan yang  disadari, suatu aktivitas, latihan-latihan dan konsentrasi dari orang yang bersangkutan. Proses belajar terjadi karena perangsang-perangsang dari luar. Sedangkan proses kematangan terjadi dari dalam.
b.      Belajar dan penyesuaian Diri
Penyesuaian diri merupakan juga suatu proses yang dapat merubah tingkah laku manusia. Manusia dalam kehidupannya tiap hari selalu belajar. Akan tetapi tidak semua belajar adalah penyesuaian diri.
c.       Belajar dan pengalaman
Belajar dan pengalaman, keduanya merupakan suatu proses yang dapat merubah sikap, tingkah laku dan pengetahuan kita. Akan tetapi,  belajar dan memperoleh pengalaman adalah berbeda. Mengalami sesuatu belum tentu merupakan belajar dalam arti pedagogis : tetapi sebaliknya : tiap-tiap belajar berarti juga mengalami.
d.      Belajar dan bermain
Dalam bermain juga terjadi proses belajar. Persamaannya ialah bahwa dalam belajar dan bermain keduanya terjadi perubahan, yang dapat mengubah tingkah laku, sikap dan pengalaman.
Bermain merupakan kegiatan yang khusus bagi anak-anak meskipun pada orang dewasa terdapat juga. Sedangkan belajar  merupakan kegiatan yang umum, terdapat pada manusia sejak lahir sampai mati.
Belajar itu terletak pada masa depan, dan masa kemudian.
e.       Belajar dan pengertian
Belajar mempunyai arti yang lebih luas daripada hanya mencapai pengertian.  Proses belajar yang berlangsung otomatis tanpa pengertian. Seperti proses belajar yang terjadi pada hewan.
f.       Belajar dan menghafal/Mengingat
Menghafal tidak sama dengan belajar. Hafal atau ingat akan sesuatu belum menjamin bahwa dengan demikian orang sudah belajar dalam arti yang sebenarnya. Sebab untuk mengingat sesuatu tidak cukup hanya dengan menghafal saja, tetapi harus dengan pengertian.
g.      Belajar dan latihan
Belajar dan latihan keduanya dapat menyebabkan perubahan atau proses dalam tingkah laku, sikap dan pengetahuan. Akan tetapi antara keduanya terdapat pula perbedaan. Didalam praktek terdapat pula proses belajar yang terjadi tanpa latihan.

REFERENSI :
PURWANTO NGALIM. (2004). PSIKOLOGI PENDIDIKAN
BANDUNG : PT REMAJA ROSDAKARYA








0 komentar:

Posting Komentar

 

:: Perahu kertas.blogspot.com :: Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
and web hosting